Tips Menetapkan Travel Pemberangkatan Umrah

Meskipun umrah gak menghilangkan kewajiban untuk naik haji, tetapi sulit & ruwetnya kepengurusan haji saat ini menjadikan umrah bagi sebagian masyarakat sebagai jalan keluar. Bayangkan saja, jika kita mendaftar untuk melaksanakan haji sekarang ini, baru dapat pergi 10 tahun kemudian untuk haji reguler & dua ribu lima belas untuk ONH Plus. Itupun setiap waktu jatah haji terus berkurang terlebih lagi saat ini haji tidak dipersulit dengan adanya dana talangan dari berbagai macam Bank hingga jatah makin cepat habis. Ada kalanya untuk yang telah lanjut usia & cemas gak panjang umur dalam menanti 4 atau 10 tahun lagi merupakan perkara sulit. Maka mereka memilih umrah. Selain harga yang murah, prosesnya cepat & gampang dibandikan haji.
Bagi yang berazam menunaikan ibadah umrah, ada beberapa point yang harus kita cermati dan mungkin bermanfaat. Menetapkan travel wisata religi umrah selain via iklan-iklan yang ada di media elektronik, yang paling bagus yakni dari anjuran orang lain. Mungkin ada saudara, teman, atau keluarga yang sudah pulang umrah dan puas dengan layanan biro nya. Tentu saja kita berkeinginan memperoleh fasilitas dari biro travel umrah yang enak dan aman, agar gak mengurangi kekhusyukan kita saat berumrah.
Biasanya harga umrah biasa (tanpa ada plus tour ke negara lain) selama 9-10 hari biasanya seharga $ 1, 700 s.d $ 2, 300. Ada juga beberapa travel umrah yang menawarkan kurang dari $ 1, 700 atau lebih dari $ 2, 300. Kalau kita kurs ke rupiah sekitar Rp. 15. 000. 000 s.d $ Rp. 22. 000. 000. Sementara bagi yang ingin umrah plus (tour ke negara lain) maka biasanya di kisaran $ 3, 000 – $ 4, 000. Nyatanya, tergantung negara yang diinginkan. Biasanya negara yang ditawarkan yaitu Mesir, Dubai, Suriah. Cheria Travel menawarkan Paket Umroh Bandung dengan fasilitas umroh plus ke negara-negara Jazirah Arab. Yang mana pembimbing gak hanya sekedar mengajak jalan-jalan tapi juga memaknai wisata religi ke tempat sakral tersebut. Bahkan dulu ada juga yang menawarkan ke Masjid Al-Aqsha di Palestina. Berlandaskan pada hadist Nabi Muhammad SAW, “Tidak disunahkan berziarah ke masjid kecuali ke tiga masjid; Masjidil Haram (Makkah), Masjid Nabawi (Madinah), dan Masjidil Aqsha (Palestina). ”
Perbedaan biaya berarti adanya perbedaan fasilitas yang jamaah peroleh. Semakin mahal tentu saja semakin baik fasilitasnya. Di antaranya yang paling berpengaruh diantaranya pesawat udara yang digunakan, hotel dan penginapan. Semakin dekat jarak antara hotel dan masjid, tentu semakin mahal pula biaya nya. Hotel yang terkenal di Makkah misalnya Zamzam Tower, El Tawheed & Hilton. Zamzam Tower yang baru didirikan termasuk hotel bintang 5 dengan gedung yang sangat bagus. Di daerah Zamzam Tower jualah terdapat jam besar yang mirip Big Ben di Inggris.
Mau didampingi mualim atau artis? Sudah barang tentu ada. Beberapa travel wisata memang telah terbiasa mengajak ustadz tertentu untuk mengaping jamaahnya. Sebagai contohnya sebut saja seperti Ustadz Arifin Ilham, Aa Gym, Didi Martoni ada juga dengan artis seperti Oki Setiana Dewi atau yang lainnya. Cost nya memang jadi lebih mahal dibanding umrah biasa tanpa ustadz populer. Namun, tentu saja ibadah umrah bukanlah hanya jalan-jalan poya-poya & hura-hura. Gak mesti harus dengan artis atau idola kita, tetapi yang jadi tujuan utama adalah kekhusyuan berumrah.

This entry was posted in Artikel. Bookmark the permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

*

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>