Deskripsi Tentang Kota Madinah Munawwarah di Saudi Arabia

Kota Madinah Munawwarah
Kota Madinah atau Kota Madinah Al Munawwarah (atau Madinat Rasul Allah, Madinah an-Nabi) adalah wilayah sentral di Arab Saudi. Merupakan wilayah yang sering dijiarahi atau dikunjungi oleh Kaum Muslimin. Di Madinah ada Mesjid Nabawi yang mempunyai ganjaran & keutamaan untuk Umat Islam. Sekarang ini, penduduk kota madinah berkisar 600. 000 orang. Untuk Orang Islam kota Madinah dianggap sebagai kota suci ke – 2 sesudah Mekah. Di jaman Nabi Muhammad SAW, kota ini jadi sentra berdakwah, pendidikan & pemerintahan Islam. Dari kota ini Islam jadi luas ke daerah semenanjung Arab kemudian ke seluruh dunia.
Permulaan Kota Madinah Munawwarah
Ketika zaman sebelum Islam maju kota Madinah berjuluk Yatsrib dikenal sebagai pusat perniagaan. Lalu saat Nabi Muhammad SAW pindah dari Mekkah, kota tersebut dirubah namanya jadi Madinah sebagai sentra pengembangan Dinul Islam hingga beliau tutup usia & dikebumikan di kota tersebut. Lalu kota ini jadi sentral kekhalifahan sebagai generasi Nabi Muhammad SAW. Ada 3 pemerintahan yang memerintah dari kota tersebut yaitu Abu Bakar, Umar bin Khattab, & Utsman bin Affan. Ketika masa Ali bin Abi Thalib pemerintahan dialihkan ke Kufah Negara Irak karena ada gejolak politik akibat terbunuhnya khalifah Utsman bin Affan oleh kaum pemberontak. Pada saat kekuasaan pindah ke bani Umayyah, maka pemerintahan dialihkan ke Damaskus. Tatkala pemerintahan beralih kekuasaan kepada bani Abassiyah, pemerintahan dialihkan ke Kota Baghdad. Di masa Nabi Muhammad SAW, penduduk kota Madinah terdiri dari orang yang beragama Islam & kaum Yahudi yang dilindungi keberadaannya. Tapi dikarenakan pengkhianatan yang ditujukan terhadap orang Madinah saat perang Ahzab, jadi orang Yahudi diusir ke luar Kota Madinah. Saat ini Madinah bersama kota suci Mekkah berada di bawah pelayanan pemerintah kerajaan Saudi Arabia.
Geografi Kota Madinah
Secara geografis, kota madinah datar yang dikelilingi gunung & bukit serta mempunyai iklim gurun. Suhu tertinggi kisaran antara 30°C sampai 45°C di saat musim panas, & suhu rata-rata kisaran antara 10°C sampai 25°C.
Ekonomi di Kota Madinah Munawwarah
Dari aspek ekonomi, ada aspek pertanian & perkebunan terlebih perkebunan kurma yang telah ada sejak dahulu kala, peternakan selayaknya warga Arab serta perniagaan plus dengan bidang jasa terutama jasa pelayanan para pejiarah saat musim ibadah haji dan umroh di antaranya yaitu bisnis hotel & penginapan.
Kurma ialah tanaman palma dalam genus Phoenix, buahnya bisa disantap. Meskipun tempat asalnya tidak diketahui sebab sudah sejak lama dibudidayakan, kemungkinan tanaman ini berawal dari tanah sekitar Teluk Persia. Pohonnya mempunyai ukuran medium dengan tinggi antara 15-25 meter, berkembang secara tunggal atau membentuk rumpun pada sejumlah batang dari sebuah sistem akar tunggal. Daunnya mempunyai panjang 3-5 m, dengan duri di tangkai daun, menyirip & memiliki sekitar 150 pucuk daun muda; daun mudanya mempunyai ukuran dengan panjang 30 cm & lebar 2 cm. Rentangan penuh mahkotanya berkisar dari 6-10 m.
Pendidikan di Kota Madinah
Selain dikenal sebagai kota sentra peradaban Islam. Kota madinah juga termasuk central pendidikan Islam sejak zaman Nabi Muhammad SAW. Juga banyak ulama-ulama dan Cendekiawan Islam yang muncul dari kota ini di antaranya adalah Imam Malik. Pada saat ini di Madinah ada berbagai Jami’ah (Universitas) & perguruan perguruan tinggi Islam lainnya.
Fadilah Masjid Nabawi
Masjid yang ada di Kota Madinah al-Munawwarah ini mempunyai banyak fadilah, diantaranya: Disarankan datang ke masjid Nabawi terlebih dahulu bagi musafir yang pulang bepergian. Masjidnya didasarkan atas dasar taqwa. Ganjaran shalat berlipat ganda. Ganjaran untuk orang yang shalat empat puluh rakaat di masjid Nabawi. Gak boleh mengeraskan suara di masjid ini. Fadilah bagi siapa saja yang mendatangi ke masjid Nabawi baik sebagai pengajar ataupun pelajar. Raudhah tergolong pada makom yang mulia. Mimbar ada di atas telaga Nabi Muhammad SAW. Mimbar makom Nabi SAW berkhutbah terletak di bawah pintu surga. Tangisan & rajukan batang tamar. Tiang-tiang mimbar masjid menjadi tiang-tiang di dalam surga. Serta berlaku hukuman bagi siapa saja yang berucap sumpah palsu di mimbar.
Sumber uraian Kota Madinah dikutip dari http://id.wikipedia.org/wiki/Madinah.

Dapatkan paket umroh 2012 bersama kami PT Cheria-Travel, Travel Umroh di Bandung. Informasi lengkap hubungi kami di line telepon berikut: (022)61771945 – 081312343194 – 085871211131.

Kata Kunci Terkait:

  • deskripsi madinah
This entry was posted in Artikel. Bookmark the permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

*

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>